Tujuan dan Manfaat PKL

Tujuan dan Manfaat PKL

Tujuan dan Manfaat PKL

Tujuan dan Manfaat PKL
Tujuan dan Manfaat PKL

Tujuan
Tujuan PKL yang dilaksanakan oleh mahasiswa STMIK POTENSI UTAMA adalah sebagai berikut :
1. Untuk menerapkan teori ilmiah yang telah dipelajari dari bangku perkuliahan terhadap objek yang diteliti di perusahaan.
2. untuk mempelajari kondisi / mekanisme di perusahaan, sehingga dapat dengan cepat menyesuaikan diri pada saat terjun ke dunia industri yang sekarang ini semakin berkembang dan maju pesat.
3. Untuk menambah kepercayaan diri dan keberanian serta tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang dipercayakan oleh instansi / perusahaan kepada mahasiswa.
4. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan program studi sistem informatika pada STMIK POTENSI UTAMA.
Manfaat
PKL yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i STMIK POTENSI UTAMA mempunyai manfaat tersendiri. Adapun manfaat yang akan dicapai dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan tersebut adalah :
1. Bagi Perusahaan / Instansi :
1. Perusahaan dapat memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan yang sudah begitu pesat dalam perkembangan usaha dikemudian hari.
2. Dapat menjalin kerja sama antara perusahaan dengan dunia pendidikan terutama dalam menyalurkan tenaga kerja profesional.
3. Bermanfaat bagi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana sehingga dapat dimanfaatkan menjadi sumber daya manusia yang berpotensi dan bermutu.
2. Bagi mahasiswa yang bersangkutan :
1. Untuk mempelajari secara mendalam bagaimana situasi kerja di perusahaan, sehingga kita dapat dengan cepat menyesuaikan diri pada saat kita terjun langsung ke dunia industri yang sekarang ini semakin berkembang dan maju pesat.
2. Untuk menambah kepercayaan diri dan keberanian serta tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang dipercaya oleh instansi / perusahaan kepada mahasiswa
I.3. Ruang Lingkup PKL
Dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) penulis ditempatkan dibidang yang berbeda-beda dengan jangka waktu 1 minggu, yaitu bidang IT, bidang Keuangan, bidang Umum. Adapun kegiatan Penulis dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan yaitu memeriksa sistem komputer, mengentri data pada PT.Askes (Persero) Medan.
I.4. Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data atau keterangan yang diperlukan dalam penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini, maka penulis melakukannya dengan dua metode penelitian, yaitu :
1. Metode Lapangan ( Field Research )
Metode ini dilakukan penulis secara langsung untuk mengumpulkan data yang berhubungan dengan penyusunan laporan. Data-data tersebut penulis kumpulkan dengan cara :
a. Observasi (pengamatan langsung)
Penulis melakukan pengamatan langsung ke tempat objek pembahasan yang ingin diperoleh yaitu melalui bagian-bagian terpenting dalam pengambilan data yang diperlukan. Pengambilan data penulis lakukan pada bidang Umum pada PT. Askes (Persero) Medan
b. Interview (wawancara)
Penulis melakukan Interview (wawancara) untuk mendapatkan penjelasan dari masalah-masalah yang sebelumnya kurang jelas dan untuk menyakinkan bahwa data yang diperoleh / dikumpulkan benar-benar akurat. Dimana penulis melakukan interview kepada pihak yang berkompeten di bidang Umum pada PT.Askes (Persero) Medan.
2. Metode Perpustakaan ( Library research )
Metode ini penulis mengutip dari beberapa bacaan yang berkaitan dengan pelaksanaan PKL yang dilaksanakan di PT.Askes (Persero) Medan selama sebulan. Yang dikutip dapat berupa teori ataupun beberapa pendapat dari beberapa buku bacaan ataupun buku diktat yang dipergunakan selama kuliah. Ini dimaksudkan untuk memberikan landasan teori yang kuat melalui buku-buku atau literatur yang tersedia di perpustakaan, baik berupa bahan-bahan kuliah dan brosur yang berhubungan dengan penulisan PKL ini.
I.5. Lokasi PKL
Praktek kerja lapangan dilaksanakan di PT. Askes (Persero) Medan yang berlokasi di Jl. Karya No.135 Medan dari tanggal 01 November 2009 s.d 31 November 2009 selama 30 (tiga puluh hari kerja). Waktu Praktek Kerja Lapangan mulai pukul 08.00 WIB s.d 13.00 WIB, sementara pada hari Jumat, PKL dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB s.d 17.00 WIB, hal ini dikarenakan tidak ada jadwal kuliah pada hari tersebut.

Sumber : https://profilesinterror.com/

Author: soo4r