Potensi Sumber Daya Laut

Potensi Sumber Daya Laut

Potensi Sumber Daya Laut

Potensi Sumber Daya Laut
Potensi Sumber Daya Laut
Sumber daya laut di Indonesia terdiri atas sumber daya biotik dan sumber daya abiotik. Sumber daya biotik, yakni sumber daya alam yang meliputi segala macam makhluk hidup di air. Sumber daya biotik laut berupa perikanan. Sumber daya abiotik yakni sumber daya laut yang berupa segala macam makhluk tak hidup di air. Contoh; terumbu karang.

a. Perikanan

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang luar biasa banyaknya. Luas laut Indonesia dua pertiga dari daratannya. Total luas laut Indonesia adalah 3,544 juta km², Indonesia juga memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada dengan panjang 104.000 km. Selain garis pantai yang panjang, Indonesia memiliki jumlah pulau terbanyak yakni 17.504 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Maka, dengan gambaran sumber daya alam yang melimpah di laut dan pesisir sudah selayaknya pembangunan Indonesia berorientasi pada maritim.
Dalam sektor perikanan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Potensi sumber daya perikanan baik perikanan tangkap, budidaya laut, perairan umum dan lainnya. Potensi ikan yang ditangkap di Indonesia mencapai 5,4 juta ton pertahun, ini masih dibawah aturan internasional jumlah  tangkapan, yakni sekitar 5,12 juta ton pertahun. Berarti Indonesia masih ada peluang untuk menambah jumlah tangkapan sekitar 720.000 ton lagi pertahun.
Potensi perikanan yang dimiliki negara ini, jika dikelola dengan baik, bertanggung jawab dan berkelanjutan akan mampu menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Dengan membuat aturan yang tepat dan berpihak kepada para pelaku usaha kecil seperti nelayan dan pembudidaya, akan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Selain adanya peluang usaha, perikanan juga mampu memberikan lapangan kerja yang besar sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan di negara ini.
Potensi kelautan dan kemaritiman yang kita miliki sangat beraneka ragam tidak hanya berada pada sektor perikanan. Potensi ini ada yang sudah diekploitasi maupun yang masih dalam tahap observasi. Potensi ini sebagian besar masih belum dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Oleh sebab itu sangat diperlukan untuk mengenali potensi-potensi sumber daya kelautan dan kemaritiman yang ada sebagai input pembelajaran bersama.

b. Terumbu Karang

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki sumber daya alam hayati laut yang potensial, seperti sumber daya terumbu karang. Terumbu karang Indonesia yang mencapai 60.000 km² luasnya 18% dari luasan terumbu karang dunia, yakni dengan 70 generasi dan 450 spesies. Sebagian besar berada di Indonesia bagian tengah, Sulawesi, Bali dan Lombok, Papua, Papua Jawa, Kepulauan Riau dan pantai barat serta ujung barat daya Pulau Sumatera.
Terumbu karang dan segala kehidupan yang terdapat di dalamnya merupakan salah satu kekayaan alam yang bernilai tinggi. Manfaat yang terkandung di dalam ekosistem terumbu karang sangat besar dan beragam, baik manfaat langsung dan manfaat tidak langsung. Terumbu karang banyak ditemukan di Indonesia karena berada di daerah tropis dengan suhu perairannya yang hangat sehingga terumbu karang dapat tumbuh subur.
Terumbu karang memiliki manfaat yang besar, oleh sebab itu sudah sepantasnya kita sebagai manusia harus menjaga dan melestarikannya demi kelangsungan hidup yang berkelanjutan. Manfaat terumbu karang dapat dilihat dari beberapa aspek, yakni;
  • Manfaat sosial, yakni sebagai mata pencaharian para nelayan.
  • Manfaat ekonomi, yakni sebagai bahan pembuatan obat-obatan, sumber makanan, dan sebagai obyek wisata.
  • Manfaat ekologis, yakni mengurangi hempasan gelombang pantai yang dapat berakibat terjadinya abrasi.
Dari tahun ke tahun habitat terumbu karang di perairan Indonesia semakin berkurang. Adanya gempa bumi yang melanda lautan Indonesia beberapa tahun ke belakang mengakibatkan kerusakan pada terumbu, namun tidak dapat dibandingkan dengan kerusakan yang disebabkan oleh manusia. Dampak kerusakan langsung dari perubahan iklim juga semakin banyak terjadi pada banyak terumbu karang. Peningkatan kebutuhan pangan komersialisasi aktifitas perikanan, dan krisis ekonomi global akan berujung pada penangkapan berlebih dan penurunan stok perikanan terutama di negara-negara miskin. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-negara/)

c. Hutan Mangrove

Indonesia memiliki hutan mangrove terluas di dunia. hutan mangrove sering dikenal dengan hutan bakau. Mangrove merupakan sekumpulan pohon dan semak-semak yang tumbuh di daerah pasang surut. Hutan mangrove dapat tumbuh dengan baik di daerah pasang surut seperti pantai, laguna, dan muara sungai. Pada saat air pasang, hutan mangrove tergenang air laut. Pada saat air surut hutan mangrove tahan terhadap garam yang terdapat di air laut.
Hutan mangrove menyebar di sekitar Dangkalan Sunda dan sebelah timur Indonesia. Keberadaan hutan  mangrove memiliki fungsi ekologis dan ekonomis. Fungsi ekologis hutan mangrove sebagai habitat satwa untuk berlindung, mencari makan, dan berkembang biak. Satwa yang tinggal di hutan mangrove, antara lain bangau tongtong dan bekantan. Fungsi ekologis lain hutan mangrove adalah melindungi pantai dari abrasi air laut.
Fungsi ekonomis hutan mangrove berupa nilai ekonomi dari kayu dan makhluk hidup yang tinggal di hutan mangrove. Kayu biasa digunakan penduduk sebagai kayu bakar dan bahan membuat arang. Kayu bakau dapat digunakan sebagai bahan membuat kertas. Hutan mangrove juga dihuni beragam jenis hewan seperti udang dan ikan. Hewan ini bernilai ekonomis tinggi. Hutan mangrove juga dapat dijadikan kawasan wisata alam. Dilihat dari aspek fisik, hutan mangrove berfungsi sebagai penahan abrasi pantai, penahan intrusi (peresapan) air laut, penahan angin, serta penurun kandungan gas karbon dioksida di udara dan bahan pencemar di perairan rawa pantai.
Hutan mangrove tersebar di pesisir barat Pulau Sumatera, beberapa bagian pantai utara Pulau Jawa sepanjang pesisir Kalimantan, pesisir Pulau Sulawesi, pesisir selatan Papua, dan sejumlah pulau kecil lainnya.

Author: soo4r