Penyakit Buta Warna Penyabab dan Cara Mengobatinya

Apa itu buta warna?

Buta warna adalah suatu kondisi di mana kemampuan untuk membedakan warna tertentu berkurang. Dengan kata lain, Anda mengalami kesulitan melihat merah, hijau, biru atau campuran dari warna-warna ini. Namun, kasus buta warna di mana pasien tidak dapat melihat semua warna adalah kasus yang sangat jarang.

Seberapa umum kebutaan warna?
Buta warna jarang terjadi. Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Pria lebih cenderung terlahir dengan penglihatan warna yang buruk. Buta warna dapat terjadi pada pasien dari segala usia. Buta warna dapat diobati dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda dan gejala

Apa saja tanda dan gejala buta warna?
Tanda dan gejala buta warna yang umum adalah:

Dapat melihat beberapa warna tetapi tidak semua. Anda tidak dapat membedakan antara merah dan hijau, tetapi Anda dapat dengan mudah membedakan biru dan kuning
Hanya melihat hitam, putih dan abu-abu, tetapi kasus ini jarang terjadi
Memiliki masalah penglihatan tetapi tidak menyadarinya
Dia hanya bisa melihat beberapa corak warna pada suatu objek, sementara orang bisa melihat ribuan warna.
Mungkin ada tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika ragu tentang gejala tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus ke dokter?
Anda harus menghubungi dokter jika Anda curiga Anda kesulitan membedakan warna tertentu dari melakukan pemeriksaan mata. Anak-anak juga memerlukan pemeriksaan mata lengkap, termasuk tes penglihatan warna, sebelum masuk sekolah.

Penyebab

Apa penyebab buta warna?
Banyak orang berpikir bahwa kebutaan warna adalah bawaan. Namun, beberapa obat atau penyakit, bahkan usia tua, dapat menyebabkan buta warna. Anda dapat memiliki buta warna dari:

Gangguan herediter Anda dapat dilahirkan dengan kondisi ini, biasanya kondisi ini lebih sering terjadi pada pria daripada pada wanita. Merah-hijau biasanya kekurangan warna umum dan kekurangan biru-kuning kurang umum. Tingkat keparahan buta warna berkisar dari ringan, sedang atau berat. Kedua mata dapat memiliki kelainan ini dan gravitasi tidak akan berubah seumur hidup.
Penyakit. Jika Anda memiliki penyakit seperti diabetes, glaukoma, degenerasi makula, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, alkoholisme kronis, leukemia, dan penyakit sel sabit, Anda mungkin mengalami buta warna. Kondisi ini dapat mempengaruhi satu mata, tetapi terkadang juga dapat mempengaruhi kedua mata. Setelah mengobati penyebabnya, kondisi orang buta warna bisa membaik
Beberapa obat Beberapa obat dapat mempengaruhi penglihatan warna, seperti obat penyakit jantung, tekanan darah tinggi, disfungsi ereksi, infeksi, gangguan neurologis, dan masalah psikologis.
Penuaan Kemampuan untuk melihat warna perlahan menurun seiring bertambahnya usia.

Faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya buta warna?
Ada banyak faktor risiko untuk buta warna, yaitu:

Keturunan. Warisan adalah faktor risiko penting untuk buta warna. Jika ibu, ayah, atau kakek-nenek Anda memiliki kebutaan warna, Anda mungkin memiliki gen yang menyebabkan kebutaan warna.
Pengobatan. Anda dapat memiliki risiko terserang penyakit ini dengan mengonsumsi obat-obatan yang merusak retina dan saraf optik, seperti hydroxychloroquine.
Obat-obatan dan obat-obatan
Informasi yang diberikan tidak menggantikan saran medis. SELALU berkonsultasi dengan dokter Anda.

Bagaimana cara mendiagnosis kebutaan warna?
Dokter dapat mendiagnosis kebutaan warna dengan mengikuti tes untuk melihat bagaimana warna dapat dibedakan. Anda mungkin diminta untuk melihat kumpulan titik-titik berwarna dan melihat pola, seperti huruf atau angka. Skema yang Anda lihat dapat membantu dokter menentukan apakah Anda memiliki masalah dengan warna tertentu.

Jenis tes lain, atur potongan-potongan berdasarkan warna. Jika Anda memiliki buta warna, Anda tidak dapat memperbaiki bagian dengan benar.

Para ahli merekomendasikan agar anak-anak mengikuti ujian mata ketika mereka berusia 3 hingga 5 tahun. Pemeriksaan mata direkomendasikan untuk anak-anak sebelum memasuki sekolah, antara 3 dan 4 tahun.

Bagaimana cara mengobati buta warna?

Secara umum, sebagian besar jenis gangguan penglihatan warna tidak dapat disembuhkan. Jika kondisi Anda disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu atau kondisi tertentu, terapi lain dapat membantu Anda mengatasinya.

Anda dapat menggunakan filter berwarna pada kacamata atau lensa kontak berwarna untuk meningkatkan persepsi kontras dan melihat perbedaan warna. Hal-hal ini hanya mendukung visi Anda, tetapi mereka tidak memperbaikinya. Menggunakan kacamata anti silau dapat membantu Anda melihat perbedaan warna dengan lebih baik.

Baca Juga :