Pengertian Seni Budaya dan Keterampilan

Pengertian Seni Budaya dan Keterampilan

Pengertian Seni Budaya dan Keterampilan

Pengertian Seni Budaya dan Keterampilan

  1. Pengertian seni

Seni menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) memiliki tiga arti yaitu; pertama keahlian membuat keahlian yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya), kedua karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa seperti tari, lukisan, ukiran, dan sebagainya. Ketiga, kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa).

Sedangkan dalam buku Ensiklopedi Nasional Indonesia, pengertian seni adalah berasal dari kata latin ars yang artinya keahlian mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan serta imajinasi penciptaan benda, suasana, atau karya yang mampu menimbulkan rasa indah.

Seperti halnya yang terdapat dalam buku Ilmu Budaya Dasar karya Hartono, mengartikan bahwa seni adalah karya manusia yang memilliki nilali-nilai tertentu. Nilai itu antara lain indrawi, nilai bentuk, nilai pengetahuan, dan nilai ide,temu, dan dalil-dalil keadilan. Nilai-nilai tersebut terwujud dalam bentuk lahir yang dapat dinikmati oleh indra manusia (mata, atau telinga), sehingga dapat memuaskan hati pendengar atau penglihatnya.

  1. Pengertian Budaya

Secara etimologi budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu “buddhayah” dan memiliki arti diamana segala sesuatu masih erat hubungannya terhadap akal serta budi manusia. Sedangkan bila dilihat dari segi harfiyahnya budaya adalah cara hidup yang dimiliki pada setiap kelompok masyarakat yang kemudia diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Sedangkan pengertian budaya menurut para ahli adalah: budaya menurut Soekmono “budaya memiliki arti berupa hasil kerja atau buah dari pemikiran manusia di masa kehidupannya. Menurut Selo Soemarjan “budaya adalah hasil karya yang dihasilkan dari sekelompok masyarakat”. Sedangkan menurut Koentjaraningrat “budaya adalah suatu kegiatan manusia yang didalamnya terdapat unsur dalam mengubah alam’.

Dalam Kamus Besar Basaha Indonesia “budaya adalah sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi “.

Jadi dapat disimpulkan bahwa budaya adalah cara hidup, hasil karya, hasil kerja maupun kegiatan manusia pada masanya yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi yang didalam nya terdapat unsur mengubah alam.

  1. Pengertian Keterampilan

Keterampilan menurut para ahli: menurut Gordon keterampilan adalah sebuah kemampuan seseorang dalam mengoperasikan pekerjaan itu secara lebih mudah serta tepat. Keterampilan menurut Dunette adalah pengetahuan yang didapatkan serta dikembangkan dengan melalui latihan atau training serta pengalaman dengan melakukan berbagai tugas.

Keterampilan merupakan suatu kemampuan dalam menggunakan akal, fikiran, ide serta kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah, atau juga membuat sesuatu itu menjadi lebih bermakna. Keterampilan harus terus dikembangkan seta dilatih dengan secara terus menerus agar dapat menambah kemampuan seseorang.


Sumber: https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/