Pengertian Keterampilan Manajemen

Pengertian Keterampilan Manajemen

Pengertian Keterampilan Manajemen

Pengertian Keterampilan Manajemen

Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno menagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”.  Manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Manajemen sebagai suatu seni yaitu sebagai suatu keahlian, kemahiran, kemampuan, dan keterampilan dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan. Defenisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas untuk mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.[1]

Adapun prinsip-prinsip manajemen yakni:[2]

  1. Pembagian kerja (Division of Word)
  2. Wewenang dan tanggung jawab (Authority and Resposibility)
  3. Disiplin (Descipline)
  4. Kesatuan perintah (Unity of Command)
  5. Kesatuan pengarahan (Unity of Direction)
  6. Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
  7. Penggajian pegawai
  8. Pemusatan (Centralization)
  9. Hirarki (Tingkatan)
  10. Ketertiban (Order)
  11. Keadilan dan kejujuran
  12. Stabilitas kondisi karyawan
  13. Prakarsa (Inisiative)
  14. Semangat kesatuan, semangat korps

Keterampilan adalah suatu kemampuan untuk menerjemahkan pengetahuan kedalam praktek sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.

Keterampilan manjemen adalah keterampilan untuk mengatur, mengoordinasikan dan menggerakkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan organisasi. Kemampuan manjemen tidak begitu sdaja muncul. Kemampuan ini lahir dari satu proses panjang yang terjadi secara perlahan melalui proses pengamatan dan pembelajaran. Dalam organisasi yang berukuran besar seperti perusahan, kesempatan manajer untuk mengadakan kontak dengan seluruh bawahan relatif sangat kecil. Lebih-lebih dalam organisasi yang besar dengan ruang lingkup operasinya berskala nasional atau internasional.


Baca Juga :