Penanggung Jawab Pendidikan Islam dalam Diri Sendiri

Penanggung Jawab Pendidikan Islam dalam Diri Sendiri

Penanggung Jawab Pendidikan Islam dalam Diri Sendiri

Penanggung Jawab Pendidikan Islam dalam Diri Sendiri

Dengan menggunakan qa’idah fiqih orang islam dewasa dan berakal sehat disebut mukalaf , ia dibebani syariat . Sehubungan dengan itu apabila manusia telah mencapai tingkat mukallaf , maka ia bertanggung jawab sendiri dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran agama islam. Kalau dikaitkan dengan pendidikan , maka orang mukalaf berarti orang yang sudah dewasa , sehingga sudah semestinya ia bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan termasuk apa yang harus ditinggalkan dan apa yang harus dikerjakan.

Petunjuk tentang itu banyak sekali dijumpai dalam AlQur’an yang berbunyi :

قواانفسكم واههليكم نارا

Artinya : Jagalah dirimu dan ahlimu dari api neraka.

ولا تقف ما ليس لك به علم ان السمع والبصروالفؤادكل اولئك عنه مسىؤلا

Artinya : Dan janganlah kamu turut apa apa yang tidak kamu ketahui, karena sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan fu’ad masing-masing akan dimintai pertanggung jawaban.

فسئلوااهل الذكر ان كنتم لاتعلمون

Artinya : Maka hendaklah kamu bertanya kepada orang-orang yang mengerti jika kamu tidak tahu.

Dengan ditegaskan tanggung jawab diri sendiri ini tercegah adanya perlemparan tanggung jawab kepada pihak – pihak lain lebih dari itu, penegasan itu juga mendorong setiap individu untuk mengembangkan fitrah dan potensi atau sumber daya insaninya menuju kesempurnaan. [15]

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan
  2. Orangtua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak anak mereka,karena merekalah anak mula – mula menerima pendidikan. Dengan demikian bentuk tanggung jawab pertama dari pendidikan terdapat dalam kehidupan keluarga.
  3. Penanggung jawab pendidikan islam dalam lembaga pendidikan :
  4. Sekolah

Sekolah adalah adalah lembaga lembaga yang penting setelah keluarga. Sekolah berfungsi untuk membantu keluarga menanamkan nilai – nilai pendidikan.

  1. Pesantren

Pembangunan manusia, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau masyarakat semata-mata, tetapi menjadi tanggung jawab semua komponen, termasuk dunia pesantren.

  1. Tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan adalah bagaimana masing – masing anggota masyarakat ikut menciptakan suatu sistem pendidikan dalam masyarakat sehingga mendorong masing – masing anggota masyarakat untuk mendidik dirinya sendiri agar bersedia mendidik anggota masyarakat lainya.
  2. Tanggung jawab utama dari pemerintah terhadap pendidikan adalah menangani pendidikan yang islami .
  3. Dengan menggunakan qa’idah fiqih orang islam dewasa dan berakal sehat disebut mukalaf , ia dibebani syariat . Sehubungan dengan itu apabila manusia telah mencapai tingkat mukallaf , maka ia bertanggung jawab sendiri dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran agama islam.
  4. Saran

Hendaknya makalah ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pe

 

https://ijateng.id/outlook-owa-apk/