Pemajakan atas Dependent dan Independent Personal Services

Pemajakan atas Dependent dan Independent Personal Services

  1. Pemajakan atas Dependent Personal Services (Pekerjaan dalam Hubungan Kerja)

Hak pemajakan penuh atas penghasilan yang diperoleh sehubungan dengan pekerjaan dalam hubungan kerja, berada pada negara tempat dimana pekerjaan tersebut dilakukan, terkecuali apabila dipenuhi 3 syarat kumulatif berikut:

–          Penerima imbalan berada di negara tempat pekerjaan tersebut dilakukan tidak melebihi time test yang diatur dalam P3B.

–          Imbalan yang dibayarkan tidak merupakan beban yang ditanggung pemberi kerja yang juga adalah penduduk negara tempat pekerjaan tersebut dilakukan.

–          Imbalan yang dibayarkan tidak merupakan beban yang ditanggung pemberi kerja yang juga adalah BUT di negara tempat pekerjaan tersebut dilakukan.

  1. Pemajakan atas Independent Personal Services (Penghasilan dari Usaha)

Penghasilan dari usahan dapat terdiri dari penghasilan jasa-jasa professional yang meliputi kegiatan di bidang ilmu pengetahuan, kesusastraan, kesenian, pendidikan, atau pengajaran yang dilakukan secara professional dan pekerjaan bebas yang dilakukan oleh dokter, dokter gigi, ahli teknik, arsitek, akuntan, dan ahli hukum.

Negara sumber melepaskan hak pemajakannya atas penghasilan dari usaha tersebut yang timbul di wilayah yurisdiksinya, kecuali jasa professional atau pekerjaan bebas tersebut dilakukan melalui suatu tempat tetap di negara tersebut.

Dalam rangka melindungi hak pemajakan negara sumber atas penghasilan di wilayah yurisdiksinya, digunakan kriteria lain yaitu time test (tes waktu). Apabila penghasilan dari usaha tersebut di negara sumber melebihi tes waktu yang diatur dalam P3B, maka negara tersebut memiliki wewenang pemajakan penuh atas penghasilan tersebut.

https://sonymusic.co.id/caller-screen-dialer-pro-apk/