NILAI DAN LEMBAGA-LEMBAGA YANG ADA

  NILAI DAN LEMBAGA-LEMBAGA YANG ADA

  Perkembangan ekonomi dapat melaju cepat bila diciptakan kebutuhan-kebutuhan baru, motif-motif baru, cara/metode-metode produksi baru, demikian pula harus ada perubahan lembaga-lembaga yang ada dalam masyarakat. Harus disadari bahwa  manusia dapat menguasai alam. Alam harus dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang lebih baik dan tujuan ini haruslah merupakan bagian dari kebudayaan manusia.

Dalam mengubah adat istiadat atau cara hidup lama haruslah berhati-hati sebab setiap ada perubahan  harus selekasnya dikompensasi dengan hasil yang lebih baik. Mula-mula cara dan kebiasaan makanan yang harus diubah, kemudian bagaimana cara mengubahnya, misalnya dengan pendidikan dan demonstrasi-demonstrasi visual dan hal ini harus dilakukan dengan hati-hati, sebab kemakmuran ekonomi itu hanyalah sebagian saja dari kemakmuran sosial.

Untuk menggunakan mesin-mesin yang kompleks, dibutuhkan orang yang kreatif, dan berpengetahuan umum. Jadi cara hidup yang lama harus ditinggalkan dan diganti dengan yang baru dan disesuaikan kebutuhan. Anak-anak pada usia muda dididik hingga dapat membuka pikiran dan kemudian diharapkan dapat menemukan hal-hal baru yang dapat menaikkan produktivitas, sehingga mereka menjadi inovator dan wiraswasta.

Wiraswasta yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ekonomi harus mempunyai sifat-sifat berikut:

  1. Memiliki kemampuan untuk mengenal kesempatan-kesempatan dalam pasar
  2. Memiliki kemampuan mengambil tindakan-tindakan alternative misalnya apabila cara yang sayu gagal, maka harus dapat cepat menggunakan cara yang lain.
  3. Memiliki kemampuan untuk mengkombinasikan elemen-elemen secara rasional dalam keputusan-keputusannya.

Jadi, wiraswasta harus dapat berdiri sendiri atau percaya pada diri sendiri dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang ada dan bertanggung jawab terhadap tindakan-tindakannya. Di negara sedang berkembang perlu diciptakan dorongan-dorongan untuk menggairahkan motif-motif wiraswasta ini. Persoalannya bukan sejauh mana perubahan ekonomi itu dapat dilakukan, tetapi sejauh mana perubahan-perubahan kebudayaan itu dapat diterima oleh penduduk dan berapa kecepatannya sehingga perkembangan ekonomi dapat dilaksanakan.

Sumber :

https://compatibleone.org/ini-camilan-dinosaurus-herbovira/