Nikmati Keindahan Goa Putri Baturaja

Nikmati Keindahan Goa Putri Baturaja

Nikmati Keindahan Goa Putri Baturaja

Nikmati Keindahan Goa Putri Baturaja

Salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Sumatera Selatan

adalah Goa Putri yang memiliki panjang sekitar 160 meter dan lebar lebih dari 50 meter serta telah berumur sekitar 350 tahun, terletak di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), 35 kilometer dari Baturaja, terletak 230 kilometer dari kota Palembang atau berada sekitar satu kilometer dari jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Baturaja dan Muara Enim.

 

Saat akan memasuki goa yang penuh cerita mistis

Ini terdapat sebuah batu yang dinamakan dengan Batu Putri yang katanya jelmaan dari Putri Balian akibat sumpah dari Si Pahit Lidah. Goa Putri ini dihiasi bebatuan stalagmit (batuan berbentuk kerucut es yang menghadap ke atas) dan stalaktit (kalsium karbonat yang menggantung dan membeku di langit-langit gua) serta kolam Pangeran Dayang Merindu selebar +/- 20 meter dan panjang +/- 160 meter yang dialiri dari sungai Semuhun, yang bermuara di Sungai Ogan.

Menurut cerita, orang yang mencuci muka sambil berdoa dikolam tersebut

maka doanya akan terkabul bahkan katanya bisa bikin awet muda. Tak hanya itu air sungai ini menurut mitosnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan dapat mendatangkan jodoh.

 

Selama menelusuri jalan setapak di dalam goa

yang diterangi cahaya lampu redup, kita akan merasakan tetesan-tetesan air abadi dari langit-langit gua yang tak akan berhenti meskipun kemarau sekalipun. Kita dapat menampung tetesan air tersebut dengan tangan, yang katanya menggambarkan peruntungan masing-masing pengunjung. Goa ini juga dipercaya sebagai tempat pemandian sang puteri pada zamannya.


Baca Juga :