MENGENAL PENDAPATAN PERKAPITA

MENGENAL PENDAPATAN PERKAPITA

MENGENAL PENDAPATAN PERKAPITA

MENGENAL PENDAPATAN PERKAPITA

Konsep mengenai pendapatan yang berhubungan

dengan pendapatan nasional adalah pendapatan perkapita. Pendapatan perkapita yakni tingkat rata-rata pendapatan penduduk sebuah negara pada periode tertentu yang diperoleh dengan membagi jumlah pendapatan nasional, biasanya dalam Produk Domestik Bruto, dengan jumlah penduduk di negara tersebut.

Tinggi angka Produk Domestik Bruto ini memengaruhi kemakmuran rakyat di suatu negara. Misalnya, semakin tinggi angka Produk Domestik Bruto per kapitanya, maka kemakmuran rakyat dianggap semakin tinggi. United Nation atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) biasanya menggunakan angka Produk Domestik Bruto per kapita untuk menyusun kategori tingkat kemakmuran suatu negara.

Berdasarkan standar tahun 1992, sebuah negara dikatakan miskin, jika Produk Domestik Bruto per kapitanya lebih kecil dari US$450. Nah, menurut standar tersebut, sebagian besar negara-negara di dunia adalah negara yang tergolong miskin. Suatu negara dikatakan memiliki kemakmuran, jika Produk Domestik Bruto per kapitanya lebih besar dari US$8.000.

Jika menggunakan aturan atau standar tersebut, hanya sebagian kecil negara-negara di dunia ini yang dianggap kaya, maju, atau memiliki kemakmuran. Negara-negara tersebut pada umumnya berada di Eropa Barat dan Amerika Utara. Bank Dunia atau World Bank telah mengklasifikasikan negara-negara di seluruh dunia menjadi lima kelompok berdasarkan pendapatan perkapitanya, yaitu:

Yang pertama adalah negara dengan pendapatan yang rendah, atau low income economics. Negara dengan pendapatan yang rendah merupakan negara-negara yang memiliki Produk Nasional Bruto per kapita sebesar $675 atau di bawah angka tersebut.

Yang kedua adalah negara dengan pendapatan menengah ke bawah atau lower middle economics. Negara-negara dengan pendapatan menengah ke bawah adalah negara yang memiliki Produk Nasional Bruto per kapita antara $675 hingga angka per kapita $2695.

Kemudian, yang ketiga adalah negara dengan pendapatan menengah ke tinggi atau upper middle economics. Deretan negara yang ada di tingkatan ini merupakan negara-negara dengan Produk Nasional Bruto per kapita antara $2695 hingga di angka per kapita $8355.

Yang terakhir, tingkat negara dengan pendapatan tinggi atau disebut juga high income economics. Negara-negara yang berada pada tingkatan high income economics adalah negara yang memiliki Produk Nasional Bruto per kapita di atas $8355.


Sumber: https://www.tokoislam.co.id/twd-zombie-evolution-apk/