Mengenal Apa Itu Tahapan Zaman Pembentukan Bumi

Mengenal Apa Itu Tahapan Zaman Pembentukan Bumi

Mengenal Apa Itu Tahapan Zaman Pembentukan Bumi

Mengenal Apa Itu Tahapan Zaman Pembentukan Bumi

Mengenal Apa Itu Tahapan Zaman Pembentukan Bumi

Menurut sejarah alam semesta, pembentukan bumi melalui beberapa tahapan zaman, sebagai berikut:

  1. Zaman Archaekum

Zaman Archaekum yaitu masa ketika bumi dalam proses awal terbentuk dan masih dalam wujud gas. Zaman ini terjadi sekitar 2500 juta tahun yang lalu. Pada saat ini Bumi masih menyerupai bola gas yang berputar masih belum stabil dan panas. Kulit Bumi saat ini masih dalam proses pembentukan. Belum ada kehidupan pada zaman ini.

  1. Zaman Paleozoikum

Zaman Paleozoikum atau zaman kehidupan tertua adalah suatu zaman yang berlangsung kurang lebih 340 juta tahun.

Pada saat ini keadaan bumi belum stabil, tapi bumi sudah mulai berangsur menjadi dingin, sedangkan iklim masih berubah-ubah dan curah hujan sangat besar. Pada zaman inilah dimulainya tanda-tanda kehidupan dimulai dengan makhluk-makhluk bersel satu (mikroorganisme) dan hewan-hewan tak bertulang punggung, jenis-jenis ikan, amphibi, reptil, ganggang, serta rumput-rumputan. Semua ini diketahui dari sisa-sisanya yang disebut fosil. Zaman ini disebut juga zaman primer (zaman pertama).

  1. Zaman Mesozoikum

    Zaman Mesozoikumdiperkirakan berumur kurang lebih 150 juta tahun yang lalu. Kemunculan makhluk hidup telah mulai beragam, dan pada masa ini telah hidup binatang bertubuh besar seperti halnya Dinosaurus.

    4. Zaman Neozoikum (Zaman Kenozoikum)

Zaman Neozoikum  diperkirakan  berusia 60 juta tahun yang lalu. Saat itu keadaan bumi sudah semakin memungkinkan untuk mendorong munculnya makhluk hidup lainnya seperti binatang menyusui, sejenis kera dan monyet.

Zaman ini terbagi menjadi dua zaman, yaitu zaman tersier dan zaman kuarter. Zaman tersier terbagi menjadi zaman Pliosen, Miosen, Oligosen. Eosen, Paleosen.  Sedangkan Zaman kuarter sendiri juga terbagi menjadi zaman Holocen dan zaman pleistocen

 

(Sumber: https://dosen.co.id/)