Macam-Macam Alat Sifat-Sifat Cahaya

Macam-Macam Alat Sifat-Sifat Cahaya

Macam-Macam Alat Sifat-Sifat Cahaya

Macam-Macam Alat Sifat-Sifat Cahaya

Sifat-sifat cahaya diatas dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam alat, seperti periskop, teleskop, lup serta kaleidoskop.

    1. Periskop

    1. Awak kapal selam yang sedang berada pada kedalaman laut dapat untuk melihat atau mengamati permukaan laut dengan menggunakan suatu alat, yaitu periskop. Alat periskop menerapkan sifat cahaya yaitu berupa pemantulan. Cahaya yang ada di atas permukaan laut kemudian ditangkap oleh suatu cermin, lalu dipantulkan menuju kepada mata pengamat.

    2. Teleskop

    1. Teleskop mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan alat diatas, yaitu periskop. Teleskop mempunyai 2 buah lensa yang dapat membiaskan cahaya. Adanya pembiasan tersebut dapat membuat objek yang letaknya jauh dapat terlihat sangat dekat. Teleskop pertama kali dibuat pada tahun 1608 oleh Hans Lippershey seorang warga negara Belanda. Setahun kemudian, Galileo Galilei dapat menyempurnakan teleskop yang dibuat oleh Hans Lippershey. Setelah teleskop tersebut disempurnakan, teleskop dapat digunakan untuk mengamati bintang di langit.

    2. Kaleidoskop

    1. Kaleidoskop merupakan sebuah mainan yang dibuat dengan menggunakan cermin. Dengan menggunakan kaleidoskop, Anda dapat membuat berbagai macam pola yang bervariasi. Pola-pola tersebut diperoleh karena adanya bayangan benda-benda dalam kaleidoskop akan mengalami pemantulan secara berkali-kali. Dengan demikian, jumlah benda yang terlihat akan lebih banyak daripada benda asli.

    2. Lup

    Lup adalah sebuah alat optik yang sangat sederhana. Lup berupa lensa cembung serta berfungsi untuk membantu mata guna melihat berbagai benda-benda yang berukuran kecil supaya tampak lebih besar dan jelas.

Baca Artikel Lainnya: