Kontrol

Table of Contents

Kontrol

Selama kegiatan perkenalan ini berlangsung, guru mengontrol semua peserta didik jangan sampai ada yang tidak terlibat dalam kegiatan ini. Kalaupun ada yang malu tampil, guru dapat mendorongnya secara bijaksana agar rasa percaya dirinya bangkit. Selesai kegiatan ini, guru harus mengevaluasi apakah tujuan yang direncanakan semula sudah dapat dicapai atau belum. Apabila masih ada kekurangan dalam pelaksanaannya, maka perlu dijadikan catatan untuk kegiatan yang akan datang.

Dari contoh kegiatan dalam dinamika kelompok melalui pendidikan rekreai ini, peserta didik akan merasa rileks dan tidak tegang menghadapi teman-teman barunya. Karena kegiatan ini dimulainya dari kelompok kecil yaitu dua orang, maka peserta didik akan lebih berani untuk mengungkapkan identitas dirinya kepada kelompoknya. Dengan kegiatan rekreasi dalam lingkup dinamika kelompok diharapkan peserta didik akan dapat memusatkan perhatiannya kepada proses belajar dan juga dapat bekerjasama dengan peserta didik lainnya.

  1. Norma

Norma merupakan standar perilaku yang dapat diterima yang digunakan bersama oleh para anggota kelompok. Norma memberitahukan kepada anggota apa yang seharusnya dan apa yang tidak seharusnya dilakukan. Norma sebagai elemen dasar dalam struktur kelompok sebagai arahan dan motivasi,, pengatur interaksi sosial, serta membuat tanggapan orang lain tersebut dapat diprediksi dan bermakna. Johnson  dan Johnson (2000) menyatakan bahwa norma sebagai keyakinan umum dalam kelompok mengenai perilaku, sikap serta persepsi yang sesuai. Adapun 2 bentuk norma yaitu norma deskriptif dan norma perspektif dimana yang artinya sebagai berikut:

  • Norma deskriptif merupakan apa yang sering dilakukan, dirasakan, serta dipikirkan oleh orang ketika sedang berada dalam suatu situasi tertentu. Contoh: ketika di jalan tol ada himbauan bagi kendaraan yang berjalan lambat untuk berjalan di bahu kiri dan bagi kendaraan yang ingin mendahului dan melaju cepat untuk berjalan di lajur kanan.
  • Sedangkan norma perspektif yang lebih evaluatif, menjelaskan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh individu pada situasi tertentu, dan jika ada yang melanggar akan dinilai negatif. Contoh: perintah membayar pajak untuk para wajib pajak, bagi yang tidak mematuhi akan dikenai sanksi.
  1. Kohesi Kelompok

Kohesi sendiri didefinisikan sebagai bagaimana para anggota kelompok saling menyukai dan mencintai satu dengan lainnya, dimana faktor pengikat arti kohesi adalah daya tarik kelompok, moral/tingkat motivasi dari masing-masing anggota dan koordinasi pada usaha-usaha anggota kelompok.

Beberapa pengertian kohesi kelompok:

  1. Kohesi Kelompok

Collins dan Raven (1964) mendefinisikan kohesivitas kelompok sebagai kekuatan yang mendorong anggota kelompok untuk tetap tinggal didalam kelompok dan mencegahnya meninggalkan kelompok.

  1. Komunikasi Kelompok.

Kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana, 2005). Kelompok ini misalnya adalah keluarga, kelompok diskusi, kelompok pemecahan masalah, atau suatu komite yang tengah berapat untuk mengambil suatu keputusan. Dalam komunikasi kelompok, juga melibatkan komunikasi antarpribadi. Karena itu kebanyakan teori komunikasi antarpribadi berlaku juga bagi komunikasi kelompok.

Dan B. Curtis, James J.Floyd, dan Jerril L. Winsor (2005, h. 149) menyatakan komunikasi kelompok terjani ketika tiga orang atau lebih bertatap muka, biasanya di bawah pengarahan seorang pemimpin untuk mencapai tujuan atau sasaran bersama dan mempengaruhi satu sama lain. Lebih mendalam ketiga ilmuwan tersebut menjabarkan sifat-sifat komunikasi kelompok sebagai berikut:

  1. Kelompok berkomunikasi melalui tatap muka;
  2. Kelompok memiliki sedikit partisipan;
  3. Kelompok bekerja di bawah arahan seseorang pemimpin;
  4. Kelompok membagi tujuan atau sasaran bersama;
  5. Anggota kelompok memiliki pengaruh atas satu sama lain.

 

sumber :

https://radiomarconi.com/