KERUGIAN PERJANJIAN RENVILLE BAGI INDONESIA

KERUGIAN PERJANJIAN RENVILLE BAGI INDONESIA

KERUGIAN PERJANJIAN RENVILLE BAGI INDONESIA

KERUGIAN PERJANJIAN RENVILLE BAGI INDONESIA

1. WILAYAH INDONESIA SEMAKIN SEMPIT

Perjanjian Renville memang memiliki keuntungan yang sangat bagus bagi Indonesia untuk ke depannya, namun hal ini tertutupi dengan banyaknya kerugian yang dialami baik dari segi materi maupun kemunduran pemerintahan. Salah satu kerugian tersebut adalah wilayah Indonesia semakin sempit, karena hanya tersisa Jawa tengah, Yogyakarta, dan juga Sumatra.

Dengan wilayah yang sangat kecil ini membuat Indonesia mengalami kesusahan dalam melancarkan berbagai rencana mengusir Belanda, selain itu banyak wilayah penting malahan direbut oleh Belanda seperti Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pusat distribusi dari luar negeri.

2. MEMPERMUDAH BELANDA UNTUK MEMBLOKADE EKONOMI

Kerugian yang selanjutnya adalah blokade Belanda yang semakin parah, bukan hanya senjata militer saja namun pakaian, makanan, bahkan obat-obatan semakin sulit untuk didapatkan melalui luar negeri. Hal ini berimbas pada menurunnya segala aspek di Indonesia terutama aspek ekonomi.

Namun pada akhirnya terdapat beberapa negara yang mau untuk bekerja sama dengan Indonesia, caranya adalah dengan bertukar antara kebutuhan Indonesia dengan bahan pertanian di Indonesia. Walaupun terdengar sederhana namun hal ini memberikan bantuan yang sangat besar pada Indonesia di waktu Itu.

3. KACAUNYA PEMERINTAHAN

Kacaunya pemerintahan adalah kerugian yang diterima oleh Indonesia selanjutnya, dimana dalam sektor pemerintahan Indonesia mengalami kemunduran yang sangat parah. Mulai dari lengsernya kabinet hingga menurunnya kepercayaan masyarakat pada pemerintah pada waktu itu, bahkan banyak yang mengatakan bahwa Indonesia akan segera runtuh.

Oleh karena itu lagi-lagi Ir. Soekarno mengeluarkan surat perintah yang berisi tentang solusi mengatasi hal tersebut, dengan adanya surat tersebut membuat pemerintahan menjadi stabil dan Indonesia bisa merancang strategi lagi untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh Belanda.

4. BELANDA BERENCANA MEMECAH REPUBLIK INDONESIA MENJADI BEBERAPA NEGARA

Perjanjian Renville menjadi kesempatan yang sangat bagus bagi Belanda, dimana Belanda berencana untuk memecah belan NKRI. Oleh karena itulah di dalam isi perjanjian terdapat pembagian wilayah Indonesia dengan wilayah kekuasaan Belanda, hal ini didasari untuk mempermudah Belanda dalam memecah Negara Indonesia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia akan dipecah Belanda menjadi RIS, Borneo Barat, Negara Madura, Negara Sumatra Timur, dan Negara Jawa Timur. Bahkan Belanda sudah membuat rancangan tersebut menjadi sebuah negara boneka atau palsu, hal ini bertujuan untuk membuat Indonesia semakin tertekan dan terpecah belah.

Perjanjian Renville merupakan salah satu perjanjian yang dibuat antara Indonesia dan Belanda, memang pada umumnya beragam perjanjian berguna untuk menekan peperangan antara kedua negara ini. Dimana Belanda terus berupaya memecah Indonesia, namun Indonesia tetap satu dan tidak bisa dipecah walaupun Belanda sudah melakukan beragam cara.


Sumber: https://www.rajanego.co.id/heroes-of-destiny-apk/