Kecepatan Internet Di Indonesia Lambat ?

Kecepatan Internet Di Indonesia

Menurut data Ookla, kecepatan internet Indonesia masih “membengkak” di antara negara-negara dunia.

Kecepatan internet kabel rata-rata di Indonesia ditetapkan 15,5 Mbps, tetapi kecepatan rata-rata kabel Internet di dunia adalah 54,3 Mbps. Kecepatan internet seluler di Indonesia adalah sekitar 10,5 Mbps. Kecepatan internet seluler rata-rata di dunia adalah 25,1 Mbps.

Agung Harsoyo, Sekretaris Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyatakan bahwa perlu memasukkan beberapa variabel, seperti menghitung kecepatan Internet melalui saluran tetap atau jaringan Internet seluler, untuk menghitung kecepatan Internet.

Selain itu, menurut Agung, metode perhitungan ini membutuhkan penggunaan pengguna internet negara, distribusi populasi, dan divisi dari lokasi geografis.

Sebab

“Indonesia unik dan unik, jadi ketika Anda menghitung kecepatan Internet suatu negara, Anda perlu menyesuaikannya dengan karakteristik negara itu. Variabel perhitungan kecepatan internet di Indonesia termasuk negara kepulauan, banyak pengguna, Kami perlu memasukkan elemen geografis yang unik termasuk sejumlah besar orang, “kata Agung.

Selain itu, Agung mengatakan bahwa penggunaan parameter parameter geografis dimaksudkan untuk membuat hasil yang diperoleh lebih adil dan lebih dekat dengan kenyataan. Operator telekomunikasi di Indonesia berkumpul di daerah terpencil di mana aksesnya sulit dan infrastruktur tidak tersedia. Berbeda dengan negara lain.

Agung mencontohkan sebuah negara di Belgia. Menurutnya, wilayah negara itu tidak lebih besar dari negara bagian Jawa Tengah. Di negara-negara dengan wilayah kurang dari Jawa Tengah, operator telekomunikasi Belgia akan mempromosikan pembangunan BTS (Base Transceiver Station) dengan menggambar serat optik ke semua wilayah.

Agung mengklaim bahwa kecepatan Internet di kota-kota besar seperti Indonesia, terutama Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung tidak kalah dengan ibukota negara-negara tetangga seperti Kuala Lumpur dan Bangkok.

“Ketika membandingkan kecepatan internet Indonesia dan kecepatan internet Singapura, Anda tidak dapat membatalkannya kapan saja, tetapi jika Anda ingin membandingkan Singapura dan Singapura, kami tidak akan kehilangan mereka. Jika Anda ingin membandingkannya, itu harus berupa apel dari apel, “kata Agung.

Dari data OpenSignal, kecepatan download rata-rata 4G LTE Jakarta mencapai 15,1 Mbps. Kecepatan rata-rata mengunduh 4G LTE di Bangkok adalah 9,8 Mbps. Kecepatan unduh rata-rata 4G LTE Manila City adalah 10,59 Mbps. Kota Phnom Penh memiliki kecepatan 4 G LTE 13,26 Mbps.

Sumber : https://www.internetterbaru.com