Karakteristik Manajemen Strategi

Karakteristik Manajemen Strategi


1. Berorientasi masa depan
2. Berhubungan dengan unit bisnis yang kompleks
3. Kebutuhan dan kejelasan tugas sangat tinggi seiring perubahan yang terjadi
4. Batas – batas tugas tidak jelas
5. Proses yang dijalankan tidak terpisah dari aktivitas manajerial lainnya
6. Ada target waktu yang jelas

MANFAAT MANAJEMEN STRATEGI
1. Pemahaman yang lebih jelas atas visi dan misi serta tujuan strategi perusahaan
2. Fokus yang lebih tajam terhadap apa yang secara strategis memang penting
3. Pemahaman yang lebih baikterhadap perubahan lingkungan perusahaan yang lebih cepat

DIMENSI MANAJEMEN STRATEGI
1. Dimensi waktu dan orientasi masa depan
2. Dimensi Internal dan Eksternal
3. Dimensi Pendayagunaan Sumber-Sumber
4. Dimensi Keikutsertaan Manajemen Puncak
5. Dimensi Multi Bidang

RUANG LINGKUP MANAJEMEN STRATEGI

Ruang lingkup manajemen strategik di bagi menjadi dua, yaitu:
1. Lingkungan Eksternal
Terdiri dari:
 Lingkungan Umum
Meliputi ekonomi, politik, hukum, sosio – kultural (budaya), teknologi, dimensi internasional (seprti globalisasi dan paham ekonomi), dan kondisi lingkungan alam.
 Lingkungan Khusus
Meliputi pemilik (stockholder), pelanggan (customer), klien, pemasok (supplier), pesaing, supply tenaga kerja, badan pemerintah, lemabaga keuangan, media dan serikat pekerja.
2. Lingkungan Internal
Terdiri dari:
 Manusia (specializedndan managerial personal)
 Finansial (sumber, alokasi, dan kontrol dana)
 Fisik (asset berwujud perusahaan dalam bentuk jangka panjang seperti gedung, kantor, dll.)
 Sistem nilai dan budaya organisasi.
Dimana untuk mengukur dan menganalisis lingkunagn  ini, digunakan analisis SWOT.

RECENT POSTS