Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran

Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran

Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran

Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran

Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran

Belajar merupakan proses individu dalam mendapatkan pengetahuan yang baru. Seorang individu dikatakan belajar jika terdapat perubahan perilaku. Sedangkan pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan antara guru dengan peserta didik yang berdampak pada perubahan perilaku oleh peserta didik setelah proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat di era globalisasi ini yang berdampak pada peningkatan kinerja dan memungkinkan sejumlah kegiatan dapat terlaksana dengan cepat, tepat dan akurat yang nantinya dapat meningkatkan produktivitas. Pemanfaatan teknologi internet sebagai media pembelajaran telah menjadi salah satu inovasi baru dalam penggunaan media pembelajaran dan sumber belajar.

Hasil penelitian Wilfrid Laurier University tahun 1998 menunjukkan bahwa peserta didik yang menggunakan web sebagai media pembelajaran terbukti mempunyai waktu belajar yang lebih cepat dua kali lipat dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, sebanyak 80% peserta didik tersebut meraih prestasi yang baik dan amat baik serta 66% dari mereka tidak membutuhkan materi pembelajaran bahan cetak. Salah satu bentuk pembelajaran berbasis e-learning di Indonesia adalah aplikasi Ruangguru yang merupakan perusahaan teknologi dengan fokus pada layanan pendidikan yang didirikan oleh Iman Usman dan Belva Devara pada tahun 2014 (Siregar & Fitriawan, 2018; Shofi, Rachmadi, & Herlambang, 2019). Berdasarkan pada latar belakang tersebut, maka tulisan ini akan membahas tentang inovasi teknologi dalam pembelajaran dalam aplikasi bimbingan belajar berbasis mobile learningRuangguru.

Baca Juga :