Implementasi Strategi

Implementasi Strategi

Program: aktivitas atau langkah-langkah yang disusun secara sistematis sebagai penjabaran dari strategi.

Anggaran : gambaran rinci tentang sumber dana yang dibutuhkan dan bagaimana penggunaannya.

Prosedur : sering disebut SOP, sistem dari langkah atau teknik yang berurutan tentang bagaimana suatu pekerjaan atau tugas dikerjakan.

Standar kinerja : ukuran target bersifat kuantatif maupun kualitatif dari program yang dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan atau pencapaiannya.

          Hubungan antar tingkat ( tujuan dan saran) dengan alat pencapaiannya ( strategi dan taktik ) tidaklah mudah. Keberadaan manajemen strategi tidak untuk mendikte tujuan, sebaliknya tujuan dan sasaran harus dipengaruhi oleh peluang yang tersedia, ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam usaha pencapaian tujuan dalam perencanaan manajemen strategi antara lain :

1)      Efektif dan Efesiensi

Manajemen strategi disebut efektif apabila hasil yang dicapai seperti yang diinginkan. Karena kebanyakan situasi yang memerlukan analisa strategi tidak statis melainkan interaktif dan dinamis, maka hubungan antara penyebab dan hasilnya tidak tetap atau pasti. Sebaliknya taktik adalah tindakan nyata yang diambil oleh pelaku dan sepenuhnya berada dibawah pengawasan pelaku. Kebalikan dari strategi, taktik dalah internal dan kriteria yang digunakan bukanlah keefektifan melainkan efesiensi.

2)      Keputusan dan Emplementasi

Keputusan manajemen strategi tidak berarti apa-apa tanpa implementasi. Strategi tergantung pada kemungkinan dan taktik yang potensial. Keputusan strategi harus dpat mencapai tujuannya.

Aturan dalam manajemen stategi persaingan :

–          Proses berfikir yang mendahului tindakan

–          Pengetahuan merupakan jumlah merupakan kunci penting

–          Manajemen strategi tindakan yang dilakukan dengan cepat akan mendominasi yang lambat

–          Kemenangan harus menunjukkan nilai dari tujuan

–          Menyerang hanya terhadap yang dapat diserang. Bertahan adalah bentuk terkuat dari persaingan

–          Superioritas dalam faktor persaingan yang mendasar adalah segalanya

–          Tidak terkalahkan adalah merupakan pertahanan yang sebenarnya

–          Manajemen strategi membutuhkan pengembangan kekuatan yang unik.

 

Sumber :

https://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/apple-kini-mungkinkan-pengguna-berdonasi-lewat-itunes/