Implementasi Pancasila sebagai Paradigma Kehidupam Kampus

 Implementasi Pancasila sebagai Paradigma Kehidupam Kampus

Menurut saya, implementasi pancasila sebagai paradigma kehidupan kampus adalah seperti contoh-contoh paradigma pancasila diatas kehidupan kampus tidak jauh berbeda dengan kehidupan tatanan Negara. Jadi kampus juga harus memerlukan tatanan pumbangunan seperti tatanan Negara yaitu politik, ekonomi, budaya, hukum dan antar umat beragama.

Untuk mencapai tujuan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara maka sebagai makhluk pribadi sendiri dan sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada hakikatnya merupakan suatu hasil kreativitas rohani manusia.

Unsur jiwa manusia meliputi aspek akal, rasa,dan kehendak. Sebagai mahasiswa yang mempunyai rasa intelektual yang besar kita dapat memanfaatkan fasilitas kampus untuk mencapai tujuan bersama.

Pembangunanyang merupakan realisasi praksis dalam Kampus untuk mencapai tujuan seluruh mahsiswa harus mendasarkan pada hakikat manusia sebagai subyek pelaksana sekaligus tujuan pembangunan. Oleh karena itu hakikat manusia merupakan sumber nilai bagi pembangunan pengembangan kampus itu sendiri.

Kesimpulan

Istilah paradigma pada mulanya dipakai dalam bidang filsafat ilmu pengetahuan

Paradigma adalah pandangan mendasar dari para ilmuwan tentang apa yang menjadi pokok persoalan suatu cabang ilmu pengetahuan. Dengan demikian, paradigma sebagai alat bantu para illmuwan dalam merumuskan apa yang harus dipelajari, apa yang harus dijawab, bagaimana seharusnya dalam menjawab dan aturan-aturan yang bagaimana yang harus dijalankan dalam mengetahui persoalan tersebut.

Paradigma pancasila teridiri dari :

  1. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan
  2. Pancasila sebagai paradigma pembangunan
  3. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Politik
  4. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Ekonomi
  5. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Sosial Budaya
  6. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Hukum

Saran

Paradigma berfikir masyarakatnya agar kiranya mengacu pada paradigm pansila yang didasari dengan bidang yang sesuai dan diimplemtasikan serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sumber: https://newsinfilm.com/