GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

II.1. Sejarah Singkat PT.Askes (Persero) Medan
Program Asuransi Kesehatan bagi pegawai Negeri dan penerimaan pensiun sudah dimulai sejak zaman kolonial Belanda tahun 1934, berdasarkan Staatregeling nomor 01 yang ditetapkan tanggal 19 Desember 1934 dan saat itu baru diberlakukan bagi pegawai negeri dan penerima pensiun yang statusnya disamakan dengan orang eropa baru dan tahun 1938, program ini didasarkan pada staatregeling nomor 110 yang ditetapkan pada tanggal 19 February 1938, Program ini diberlakukan bagi seluruh pegawai negeri dan penerima pensiun.
Pada tahun 1968, Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan yang secara jelas mengatur pemeliharaan kesehatan bagi pegawai negeri dan penerima pensiun beserta keluarganya berdasarkan keputusan presiden nomor 230 tahun 1968 tentang pemeliharaan kesehatan pegawai negeri penerima pensiun beserta anggota keluarganya.
Pasal 11 dari keputusan presiden tersebut secara jelas memberi perintah kepada Menteri Kesehatan untuk membentuk suatu badan guna penyelenggaraan dana pemeliharaan kesehatan, dan atas dasar tersebut Menteri Kesehatan melalui peraturan Menteri Kesehatan nomor 1 tahun 1968 membentuk Badan Penyelenggaraan Dana Pemeliharaan Kesehatan (BPDPK).
Untuk meningkatkan profesionalisme penyelenggaraan program tersebut, keputusan presiden nomor 230 tahun 1968 diubah oleh peraturan pemerintah nomor 22 tahun 1984 tentang pemeliharaan kesehatan bagi pegawai negeri sipil, penerima pensiun beserta anggota keluarganya, status badan penyelenggara diubah menjadi perusahaan umum (Perum) Husada Bhakti oleh peraturan pemerintah nomor 23 tahun 1968.
Melalui peraturan pemerintah nomor 69 tahun 1991, kepesertaan dari program jaminan pemeliharaan kesehatan ditambah dengan veteran dan perintis kemerdekaan beserta anggota keluarganya. Dan melalui peraturan pemerintah nomor 69 tahun 1991 ini, perusahaan diijinkan memperluas jangkauan kepesertaannya ke badan usaha dan badan lainnya sebagai peserta sukarela, status perusahaan umum diubah menjadi PT. Persero melalui peraturan pemerintah nomor 6 tahun 1992 dengan pertimbangan fleksibitas dalam pengelolaan keuangan dan manajemen lebih mandiri.
Sejak 01 Januari 2005 PT. Askes (Persero) mendapat penugasan dari pemerintah dalam pengelolaan program pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat miskin (Askeskin) Program Askeskin untuk tahun 2006, target kepesertaanya adalah 20 juta jiwa. Pemerintah mengubah nama Program Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakat Miskin (PJKMM) menjadi Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) pada tahun 2008.
II.2. Struktur Organisasi
Dengan adanya struktur organisasi, diharapkan tercapainya suatu kondisi yang baik diantara unit-unit maupun bagian-bagian dalam organisasi, sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai oleh karena itu, struktur organisasi yang digunakan harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan instruksi agar pendayagunaan sumber daya yang seoptimal mungkin.
Dengan adanya struktur organisasi, maka setiap tugas dan tanggung jawab dapat dikerjakan dan diselesaikan oleh masing-masing individu yang ada dalam organisasi tersebut. Sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Adapun PT.Askes (Persero) mempunyai struktur organisasi sebagai berikut
Struktur Organisasi Perusahaan

Sumber : https://solidaritymagazine.org/

Author: soo4r