dampak yang ditimbulkan oleh inflasi

Dampak Inflasi

Setelah Anda mengetahui mengenai inflasi, tentu yang terpikir sekarang adalah dampak yang ditimbulkan oleh inflasi tersebut apa saja? Inflasi sebagai suatu gejala ekonomi tentunya akan memiliki dampak terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Untuk membahas ini tentunya terlebih dahulu kita ingat kembali tentang kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi terdiri atas kegiatan konsumsi, produksi dan distribusi. Adapun dampak inflasi dijelaskan sebagai berikut.

A. Dampak Terhadap Konsumen

Inflasi menyebabkan harga barang – barang yang dikonsumsi naik, sementara pendapatan masyarakat tidak mengalami kenaikan. Dengan keadaan seperti ini, maka akan terjadi perubahan pola konsumsi pada masyarakat seperti berikut.
1) Kuantitas konsumsi berkurang, misalnya dari kebiasaan membeli lima buah menjadi tiga buah saja.
2) Adanya peralihan merk dari barang yang dikonsumsi menjadi barang yang murah.

Pengurangan jumlah barang dan peralihan penggunaan barang yang dikonsumsi menyebabkan jumlah permintaan terhadap suatu barang menurun, dan ini mengakibatkan kelesuan perusahaan dan ini akan mengarah pada terjadinya PHK.

B. Dampak Terhadap Produsen
Dampak inflasi terhadap produsen adalah produksi menjadi menurun, penurunan disebabkan oleh alasan berikut ini.
1) Kenaikan harga mengurangi kemampuan produsen untuk membeli faktor produksi misalnya bahan baku. Kekurangan bahan baku dapat mengakibatkan jumlah produksi berkurang.
2) Tingginya tingkat bunga pada saat inflasi menyebabkan produksi kesulitan memperluas produksi.
3) Munculnya suatu sikap dari produsen yang bersifat spekulatif diantaranya mengarahkan modalnya pada investasi baru, dan kewajiban memproduksi berkurang, akan mengarah terjadinya PHK.

C. Dampak Terhadap Distribusi
Dampak inflasi terhadap distribusi adalah pendapatan masyarakat menjadi terganggu, karena orang berpenghasilan tetap secara riil pendapatannya mengalami penurunan. Untuk menutupi kebutuhan, ia harus menggunakan tabungan atau berhutang. Dengan demikian inflasi memperlebar kesenjangan distribusi pendapatan diantara anggota – anggota masyarakat, sehingga dampaknya saling berhubungan antara konsumen, produsen dan pihak – pihak lain.

Sumber: https://pulauseribumurah.com/