Cara Pemeliharaan Tanaman Sawi Mudah

Cara Pemeliharaan Tanaman Sawi Mudah – Cara Menanam Sawi tergolong mudah. Karena proses menanam sawi hampir sama dengan proses budidaya tanaman lain, seperti brokoli, lobak, kubis bunga dan kubis krop, yang mana beberapa jenis tanaman tersebut memang masih termasuk satu keluarga dengan tanaman sawi Akan tetapi ketika Anda ingin menanam sawi, Anda juga harus memiliki panduan cara menanam sawi yang tepat agar menghasilkan panen sesuai dengan harapan dan akan mendatangkan keuntungan.

Penyiraman
Penyiraman dilakukan tergantung cuaca, musim, dan kondisi lahan. Saat musim hujan, penyiraman dapat dikurangi. Saat musim kemarau, dapat dilakukan penambahan air jika lahan dirasa sangat kering agar tanaman sawi tetap mendapat cukup air. Dan ketika cuaca tidak terlalu panas, penyiraman dilakukan satu hari sekali, setiap pagi hari atau sore hari.

Penjarangan
Yaitu mencabut tanaman sawi yang tumbuh terlalu rapat. Penjarangan dilakukan 2 minggu sejak awal tanam.

Penyulaman
Yaitu kegiatan pergantian tanaman yang mati atau terserang hama dan penyakit dengan bibit tanaman baru. Bibit sawi yang pertumbuhannya tidak normal atau mati ketika dipindahtanamkan ke lahan budidaya, kemudian dicabut dan diganti dengan bibit baru yang terlah terpilih dengan kualitas bagus.

Penyiangan
Yaitu kegiatan pembersihan lahan dari gulma, rumput liar atau tanaman pengganggu. Penyiangan dilakukan sebanyak 2 – 4 kali selama masa tanam, atau disesuaikan dengan keberadaan gulma pada bedengan. Penyiangan dapat dilakukan 1-2 minggu setelah penanaman. Jika diperlukan, pada saat penyiangan, lakukan pula penggemburan dan pengguludan tanah. Selengkapnya di https://bit.ly/2Kt32tn