Cara Merawat Mobil Matic Honda

Cara Merawat Mobil Matic Honda

Honda adalah salah satu merek otomotif terkemuka di Indonesia. Ada berbagai produk andalan Honda yang sangat diminati di pasar. Di antara banyak jenis mobil yang dikeluarkan, rata-rata mobil Honda telah menjadi target banyak konsumen di Indonesia. Dapat dikatakan bahwa bahkan penjualan mobil matic Honda cukup tinggi di antara para pesaing lainnya. Tidak heran jika banyak konsumen memilih mobil matic Honda sebagai opsi untuk dikendarai.
iklan

Namun sama seperti mobil lainnya, mobil Honda tentu membutuhkan metode perawatan mobil yang tepat. Jelas pemeliharaan berbeda dari mesin manual Honda lainnya. Inilah sebabnya mengapa bantuan yang lebih intensif dan khusus diperlukan untuk mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara. Mobil yang tidak nyaman, tentu saja, akan membahayakan keselamatan pengemudi. Jadi bagaimana cara merawat mobil matic Honda yang tepat? Inilah langkah-langkahnya.

1. Penggantian rutin oli mobil

Seperti mobil matic lainnya, mobil matic Honda juga membutuhkan penggantian oli biasa. Biasanya periode penggantian ditentukan oleh bengkel Honda. Namun, penggantian rata-rata dilakukan pada jarak 20.000-25.000 km. Dengan mengganti oli secara teratur, komponen mesin mobil Anda akan dilumasi dengan sempurna. Sehingga menyebabkan akselerasi maksimum kendaraan dan penggunaan cahaya saat berkendara.

Sistem transmisi otomatis akan sangat bergantung pada sistem hidrolik yang membutuhkan minyak sebagai alat tekanan. Jadi penting untuk menggunakan oli mobil berkualitas terbaik. Dibandingkan dengan sistem transmisi manual, oli pada sistem transmisi otomatis memiliki pekerjaan yang lebih berat daripada transmisi manual. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan kualitas oli transmisi untuk menghindari tergelincirnya kopling yang menghasilkan penggunaan bahan bakar yang efisien.

2. Layanan berkala

Bukan hanya perubahan oli yang perlu secara rutin dilakukan sebagai pemilik mobil otomatis penting untuk melakukan layanan mobil secara teratur. Anda dapat melakukan layanan ini di bengkel resmi Honda sesuai dengan manual yang dicetak.

Layanan ini bertujuan untuk secara akurat mengendalikan komponen mobil Anda. Jadi jika ada kerusakan nantinya, itu bisa dikelola dengan baik. Agar hal ini dapat mencegah risiko yang cukup fatal yang mungkin terjadi. Bayangkan jika Anda tidak melakukan pemeriksaan rutin, Anda tidak tahu masalah yang terjadi di mobil Anda.
Tautan Sponsor

3. Memperdalam penggunaan roda gigi

Perhatian lain untuk mobil matic Honda dapat diperhatikan untuk penggunaan roda gigi. Sebagai pemilik mobil, penting untuk memahami beberapa hal yang perlu Anda hindari saat menggunakan roda gigi. Pertama, hindari menggunakan gigi P ketika mobil otomatis diam. Jika Anda membuat kebiasaan ini terus menerus, itu akan menyebabkan kerusakan pada peralatan mobil otomatis Anda.
iklan

Perhatikan juga posisi perubahan saat Anda memarkir mobil otomatis Anda. Hindari menggunakan gigi D saat memarkir kendaraan. Penggunaan gigi D saat memarkir kendaraan hanya merusak mobil otomatis. Kemudian gunakan roda gigi di posisi P saat memarkir kendaraan.

4. Pemeriksaan rutin mobil

Sangat penting untuk secara teratur memeriksa kinerja mobil Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengendarai mobil Anda. Nanti, Anda akan mengetahui apakah ada quirks dalam kinerja mobil Anda.

Anda juga bisa melakukan tes jalan, ini salah satu perawatan Honda yang bisa Anda lakukan. Anda hanya perlu menjalankan mobil Anda dan mencoba untuk memindahkan gigi. Ketika Anda bergerak, Anda bisa merasakan jika terjadi hal-hal yang tidak normal di mobil Anda. Juga, jika Anda mendengar suara-suara aneh saat mengganti persneling, ini menunjukkan jika ada masalah dengan sistem transmisi otomatis mobil.

Jika masalah ini terjadi di mobil Anda, sebaiknya segera bawa ke laboratorium resmi dan tepercaya. Masalah transmisi sangat penting karena mereka adalah bagian paling penting dari mobil otomatis.

5. Periksa bagian slip kopling

Kendala mesin Matic yang biasanya terasa segera adalah slippage kopling. Jika ada kerusakan pada bagian ini, maka secara alami akan menyebabkan ketidakseimbangan saat mobil Anda berjalan dengan kecepatan tinggi. Jadi penting untuk memeriksa kopling mobil otomatis Anda secara teratur. Dengan cara ini Anda akan menghindari risiko mesin yang tidak seimbang saat mengemudi.

Sumber : hondamobillampung.co.id