Cara Mengatur Efek Animasi di Smartphone Android

Cara Mengatur Efek Animasi di Smartphone AndroidCara Mengatur Efek Animasi di Smartphone Android

Cara Mengatur Efek Animasi di Smartphone Android

 

Cara Mengatur Efek Animasi di Smartphone AndroidCara Mengatur Efek Animasi di Smartphone Android

Cara Mengatur Efek Animasi di Smartphone Android

Secara default, efek animasi android sudah diaktifkan ketika kamu membeli sebuah smartphone android. Efek

animasi adalah efek-efek gerakan yang keluar baik ketika kamu menekan suatu tombol virtual di smartphone, menutup ataupun membuka aplikasi.

Bagi sebagian orang, efek animasi ini sangat memanjakan mata. Karena tampilan smartphone android jadi lebih asik dengan adanya efek-efek tersebut. Namun bagi sebagian orang lagi, terutama dengan spesifikasi smartphone yang tidak begitu tinggi, efek animasi bisa membuat smartphone menjadi lag.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengurangi atau menghilangkan efek animasi tersebut? Sebenarnya cukup mudah. Namun karena pengaturan sistem android yang bisa dibilang cukup banyak, masih ada orang yang sulit menjangkau pengaturan ini.

Jika kamu ingin menonaktifkan efek animasi di android, berikut ini adalah langkah-langkahnya. Ikuti dengan seksama, jangan pikirkan mantan ataupun gebetan ketika mengikuti tutorial ini.

Buka pengaturan. Kemudian pilih “Setelan tambahan”.

Gulir ke bawah sedikit, lalu kamu akan menemukan opsi “Opsi pengembang”. Klik opsi tersebut.

 

Pada menu opsi pengembang, kamu akan melihat 3 buah opsi animasi yaitu:

– Skala animasi jendela

– Skala animasi transisi

– Skala animasi durasi

Klik satu persatu opsi tersebut. Maka kamu akan mendapatkan pilihan waktu lamanya skala animasi. Mulai dari yang terkecil, yaitu 0.5 sampai dengan yang terbesar yatitu 10.

Semakin kecil kamu memilih skala animasi, maka akan semakin cepat animasi tersebut bekerja. Semakin tinggi angka yang kamu pilih, maka akan semakin lambat pula animasi di smartphone android kamu.

Jika tidak suka dengan efek animasi, kamu bahkan bisa menonaktifkannya dengan memilih “Animasi mati”. Dengan

memilih opsi tersebut, smartphone android kamu tidak akan menampilkan efek animasi sama sekali.

Jadi ketika kamu membuka suatu aplikasi misalnya, tidak akan muncul efek menyembul seperti biasanya. Melainkan aplikasi akan tiba-tiba muncul.

Kamu bisa menoba satu persatu skala animasi tersebut dan menentukan yang sesuai dengan kamu. Namun menurut pengalaman saya, opsi terbaik ada pada Skala animasi 0.5. Smartphone bekerja dengan cepat, namun tetap terlihat cantik karena masih menghadirkan efek animasi.

Sumber:

https://galleta.co.id/starlost-apk/