Cara Cek Status Unlock Bootloader Xiaomi

Cek Status Unlock Bootloader

Cara Cek Status Unlock Bootloader Xiaomi – Membuka kunci bootloader terutama dilakukan oleh pengguna ponsel Xiaomi. Karena keadaan awal ponsel Xiaomi diblokir, maka bootloader. Ada beberapa alasan mengapa pemuat Xiaomi harus terbuka. Pada artikel ini kita akan membahas masalah yang terkait dengan membuka kunci bootloader di ponsel Xiaomi Anda, atau lebih tepatnya, cara memeriksa status buka kunci bootloader Xiaomi.

Jika Anda telah membuka kunci bootloader, tetapi tidak tahu apakah itu berhasil atau tidak, Anda harus memeriksa statusnya. Bagi Anda yang tidak tahu cara membaca langsung, cara memeriksa status buka kunci dari bootloader Xiaomi di bawah ini.

Sebelum melanjutkan ke langkah-langkah untuk menentukan keberhasilan proses membuka bootloader, Anda harus terlebih dahulu mempelajari apa manfaat membuka kunci bootloader dan mengapa bootloader terkunci.

Cek Status Unlock Bootloader

Ketika Anda baru saja membeli ponsel Xiaomi, bootloader Anda terkunci atau terkunci. Loader dapat disebut program yang digunakan untuk membuat sistem operasi.

Alasan Xiaomi terkunci adalah bahwa pengguna menggunakan sistem operasi Android yang disediakan. Namun, banyak orang tidak menyukainya, karena penggunaan sistem seluler akan terbatas. Sama dengan root, jika bootloader terbuka, ada banyak hal di ponsel yang bisa dikustomisasi.

Ponsel Xiaomi yang masih terkunci adalah ponsel keluaran baru, seperti Redmi 3 Pro, Mi4s, Mi4c, Redmi 3s, Redmi Pro, Redmi 2 Prime dan beberapa jenis ponsel Xiaomi lainnya. Sementara yang sudah lama dirilis telah dibuka, seperti Redmi 2, Redmi 1s, Redmi 2 Prime, Redmi Note 4G, Redmi Note 3G, Mi4 dan Mi4i.

Cek Status Unlock Bootloader

Manfaat yang dapat Anda rasakan dengan membuka kunci bootloader termasuk mengubah ROM pengguna, menginstal pemulihan pengguna, seperti TWRP, hak root gratis, kemampuan untuk mem-flash kernel, dan masih memiliki banyak kelambatan. Namun di balik ini berdiri semua kekurangan, antara lain, keamanan ponsel berkurang, garansi hilang, ada hard drive, ada bootlap, hingga kehancuran total.

Jika Anda merasa siap mengambil semua risiko, cukup buka kunci bootloader. Nah, jika sudah selesai, Anda bisa mengecek status apakah bootloader berhasil dibuka atau tidak. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ambil.

Untuk memulai, Anda memerlukan komponen seperti kabel USB Xiaomi asli dan Xiaomi ADB, yang dapat Anda unduh di sini. Setelah itu, cukup ikuti metode yang dijelaskan di bawah ini.

Pertama, Anda harus masuk atau mengaktifkan mode debug USB pada ponsel Xiaomi Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini.

  1. Buka ponsel Xiaomi Anda, lalu masuk ke menu
  2. Kemudian klik “Tentang ponsel”.
  3. Setelah mengklik Anda akan dibawa ke halaman informasi tentang ponsel Anda.
  4. Dalam opsi Versi MIUI, masukkan 7 kali hingga jendela sembul muncul, yang menunjukkan bahwa ponsel akan membuka opsi pengembang.
  5. Kemudian kembali ke halaman utama. Gulir ke bawah halaman dan temukan opsi “Setelah”, setelah itu Anda akan dibawa ke halaman.
  6. Gulir lagi ke ujung, dan Anda akan menemukan opsi Opsi Pengembang.
  7. Setelah memasuki halaman, pilih menu USB Debugging. Ketika jendela sembul muncul dengan informasi tentang fungsi debugging USB, cukup klik
  8. OK.

Setelah langkah mengaktifkan fungsi debugging USB, lanjutkan dengan mengikuti instruksi untuk memeriksa status buka kunci dari bootloader lain sebagai berikut.

  • Masuk ke mode boot cepat dengan menekan tombol bawah bersama dengan tombol power hingga logo kelinci Xiaomi muncul dengan kata-kata Fastboot di bawah ini.
  • Kemudian sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Ekstrak file ADB yang sebelumnya diunduh dan segera buka folder.
  • Ketika Anda berada di folder dengan file ADB, Anda tahan tombol Shift di keyboard dan klik kanan. Selanjutnya, pilih baris perintah terbuka di sini.
  • Jendela CMD akan terbuka nanti. Setelah itu masukkan perintah perangkat fastboot, lalu masuk.
  • Kemudian masukkan info perangkat fastboot oem dan masukkan lagi. Jika bootloader yang Anda buka berhasil, ini akan mengatakan Device unlocked: true. Jika entri tersebut salah, itu berarti bahwa pembukaan kunci bootloader gagal.
  • Setelah selesai, masukkan perintah lagi, restart fastboot dan masuk. Nanti ponsel Anda akan reboot secara otomatis.

Inilah cara memeriksa status buka kunci bootloader Xiaomi. Mudah bukan? Saya harap diskusi ini akan bermanfaat bagi Anda, dan semuanya berjalan baik.

Sumber : tutorialxiaomi.com