BAHAYA TIDUR DEKAT HANDPHONE

BAHAYA TIDUR DEKAT HANDPHONE

BAHAYA TIDUR DEKAT HANDPHONE

BAHAYA TIDUR DEKAT HANDPHONE

BAHAYA TIDUR DEKAT HANDPHONE

Handphone sudah menjadi partner setia yang menemani aktivitas kita sehari-hari. Mulai ketika kita bangun tidur pagi sampai tidur malam, smartphone dapat dikatakan sudah menjadi sahabat setia yang tidak pernah lepas dari tangan.

Sebagai sahabat manusia, ponsel telah banyak membantu untuk memudahkan komunikasi pemiliknya dengan orang lan. Meskipun sebagai sahabat, ternyata ponsel juga menyimpan bahaya yang tidak disadari oleh pemiliknya. Saat ini, banyak sekali pemilik ponsel meletakkan ponsel berada di dekat sang pemilik ketika tidur.

Menurut sebuah penelitian, semua jenis handphone memiliki Radiasi Elektromagnetik yang tinggi. Radiasi ponsel bersifat Karsinogenik yang dapat mempengaruhi susunan saraf manusia.

Berikut ini dampak negatif tidur di dekat handphone :

1. Menyebabkan kanker

Radiasi ponsel dapat mempangaruhi proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh menjadi tidak terkendali. Apabila di pemilik ponsel meletakkan ponsel nya di bawah tubuh dan menindihnya saat tidur. Hal ini dapat menyebabkan kanker.

2. Menghambat metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh bekerja dengan aktif ketika seseorang tidur lelap. Apabila di saat ini si pemilik ponsel meletakkan ponsel berada di dekatnya. Maka proses metabolisme tubuh akan terhambat, sehingga proses pencernaan makanan dan proses detokfikasi racun di dalam tubuh dapat terganggu.

3. Menyebabkan sakit kepala

Radiasi ponsel bagi sebagian orang yang sensitif terhadap gelombang radiasi yang di pancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan muntah.

4. Terbakar dan meledak
Media massa seperti televisi dan surat kabar pernah memberitahukan kasus ponsel meledak dan terbakar ketika si pemiliknya sedang tertidur sehingga melukai si pemilik. Kejadian tersebut terjadi karena, si pemilik ponsel sedang mengisi ulang daya baterai handphone dan kemudian tertidur di samping handphone nya. Ketika daya baterai handphone sudah penuh dan si pemilik lupa mencabut charger, maka ponsel akan menjadi panas dan dapat menyebabkan terjadinya korsleting sehingga dapat meledak dan terbakar.

5. Menyebabkan tumor otak
Radiasi ponsel dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Tumor otak dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa pada usia produktif.

Berikut ini upaya untuk mencegah radiasi dari handphone :
1. Letakkan handphone di tempat yang agak jauh dari tempat tidur
2. Letakkan di ruangan yang berbeda dengan ruangan tidur anda, sehingga terdapat jarak dari radiasi yang di keluarkan handphone ke tubuh anda.
3. Mengubah mode handphone menjadi airplane mode ( mode pesawat )

Ubahlah kebiasaan anda yang terlalu sering meletakkan handphone di dekat anda saat tidur. Dan juga, sebaiknya anda tidak menggunakan handphone diatas jam 11 malam, karena tubuh anda membutuhkan proses pemulihan secara alami dengan tidur nyenyak dan tidak terganggu dengan radiasi-radiasi yang di keluarkan dari handphone atau barang elektronik lainnya.

 


Sumber: https://areaponsel.com/ponsel-flip-samsung-w2018-resmi-diluncurkan/