Bagaimana Pembangunan diIndonesia

Bagaimana Pembangunan diIndonesia

Menurut sejarah Indonesia telah mengalami perubahan sejak zaman orde lama, dibawah kepemimpinan Bapak Ir.soekarno Indonesia mengalami pertumbuhan di sektor pendidikan dengan munculnya sekolah-sekolah rakyat disetiap daerah yang memicu masyarat untuk menjadi masyarakat yang berpengetahuan dan berakhlak. Seperti yang kita ketahui pada masa ini Indonesia baru mengalami merdeka setelah 3,5 abad dijajah. Pada masa ini pertumbuhan ekonomi memang masih sangat kecil dapat dilihat dari mata uang kita yang masih rendah. Perekonomian masyarakat pada masa ini dapat dikatakan cukup stabil melihat data pada zaman ini yang sebagian besar masyarakat Indonesia hidup cukup namun masih ada yang hidup dibawah garis kemiskinan.

Pada masa Orde baru kita dapat melihat pembangunan ekonomi Indonesia diberbagai sektor dari mulai sektor ekonomi dengan kebijakan izin pendirian beberapa badan usaha diIndonesia contoh kecilnya Koperasi yang membantu masyarakatv meminjam dana dengan bunga yang kecil. Pembangunan sektor pertanian dapat dilihat dengan pembellian bibit unggul oleh pemerintah yang dijual murah untuk para petani. Hal lainnya dapat dilihat dari posisi mata uang Indonesia yang berada jauh lebih tinggi dari mata uang arab Saudi. Kelemahan Orde ini bahwa semua kegiatan pembangunan ini ternyata didanai oleh utang sehingga Indonesia mengalami krisis ekonomi pada Tahun 1998 dan jatuhnya mata uang Indonesia dimata dunia dengan tingkat inflasi yang tinggi.

Pada masa Reformasi ini Indonesia semakin menunjukkan tingkat pembangunan Ekonomi yang tinggi dari berbagai sektor. Berikut data yang ditampilkan berdasarkan pengamatan tentang Pembangunan Ekonomi Indonesia :

  1. Sektor pertanian

Munculnya berbagai penyuluhan tentang cara penanaman bibit yang dapat menghasilkan sesuatu yang unggul di dunia. Contoh: percobaan semangka berbentuk kotak yang ada di Aceh, Percobaan pembuatan mawar merah putih yang ada di sulawesi, dll.

  1. Parawisata

Sangat disayangkan untuk sektor ini pemerintah kurang memperhatikannya, padahal yang kita ketahui Indonesia sangat kaya akan keindahan alamnya namun pemerintah masih terlalu fokus pada daerah yang sudah biasa dikunjungi seperti bali.

  1. Pendidikan

Munculnya berbagai olympiade yang diselenggarakan pemerintah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan membarikan hadiah- hadiah yang menarik.

  1. Perekonomian

Munculnya kebijakan tentang Student Entrepreneurship untuk mengurangi jumlah pengangguran diIndonesia. Namun sangat disayangkan dalam hal ini adalah kurangnya perhatian pemerintah tentang usaha dan sulitnya untuk mendapatkan Surat Izin Mendirikan  Usaha dari pemerintah.

 

RECENT POSTS