ANAK SD JUGA BISA STRES KARENA SEKOLAH

ANAK SD JUGA BISA STRES KARENA SEKOLAH, KENALI TANDANYA!

Stres ialah kata yang identik dengan orang dewasa. Namun, kondisi tersebut sebetulnya juga dapat dialami oleh anak-anak. Stres sendiri dapat disebabkan oleh tidak sedikit hal. Pada anak-anak, stres sebab sekolah jadi urusan yang sangat umum. Untuk menggali solusi atas situasi itu, Anda butuh mengenali apa saja tanda yang diperlihatkan oleh anak-anak saat merasakan stres. Mari disimak!

Perubahan perilaku ke arah negatif
Anak kita tiba-tiba merasakan perubahan sikap atau perilaku? Si kecil yang seringkali bersikap baik dan patuh, seketika jadi acuh dan melawan orang tuanya? Perubahan perilaku ini butuh Anda waspadai karena dapat jadi tanda si kecil sedang stres.

Apabila kita merasa tidak mempunyai masalah family dan segalanya berlangsung baik di rumah, jajaki cek ke sekolahnya. Tanyakan untuk petugas tuntunan konseling di sekolah, apakah si kecil sedang mempunyai masalah dengan rekan atau sekolahnya. Karena dapat memengaruhi mental si kecil, stres sebab sekolah butuh segera dicarikan solusi.

Terlihat fobia dan cemas
Tidak melulu pada orang dewasa, fenomena stres pada anak-anak pun ditandai dengan timbulnya perasaan khawatir dan takut. Si kecil tidak mau istirahat sendirian? Dia terus-menerus mohon ditemani atau bahkan merengek hendak selalu bareng orang tuanya?

Jika sebelumnya buah hati kita tergolong individu yang pemberani dan tangguh, evolusi sikap tersebut perlu diwaspadai. Cari tahu apakah dia sedang mempunyai masalah? Apakah dia merasakan stres sebab sekolahnya? Temukan jawaban yang tentu untuk permasalahan ini.

Jadi suka menyendiri
Si kecil ialah anak yang kisah dan mudah mencampur dengan sekitarnya. Namun, dia tiba-tiba tidak mau berkata dengan rekan atau keluarganya. Buah hati kita bahkan terlihat unik diri dari sekian banyak jenis interaksi sosial, entah tersebut saat kumpul family atau saat santap malam bersama.

Apabila dia mengindikasikan sikap semacam itu, kita tentunya butuh khawatir. Stres sebab sekolah dapat jadi dalil di balik sikapnya. Coba ajak dia bicara dari hati ke hati, terutama tentang segala urusan yang dicemaskannya.

Kalau dia tidak inginkan langsung terbuka mengenai kondisinya, katakan padanya bahwa Anda bakal memberinya masa-masa untuk mendinginkan pikiran dan pulang mengajaknya diskusi.

Jadi sulit tidur
Selayaknya orang dewasa, anak-anak pun mengalami sulit tidur ketika stres. Kecemasan yang dirasakannya akan menciptakan si kecil susah terlelap di malam hari. Selain susah tidur, stres pun membuat buah hati Anda gampang terbangun di tengah malam sebab mimpi buruk.

Jika kondisi tersebut terjadi pada si kecil, tidak boleh ragu untuk menggali penyebab dari kecemasannya. Stres sebab sekolah dapat jadi di antara pemicunya, terutama andai keluarga Anda termasuk harmonis dan jarang punya masalah.

Mengompol ketika tidur
Saat si kecil mengompol, tidak boleh langsung dimarahi. Hal itu dapat jadi tanda bahwa dia sedang merasakan sesuatu yang tidak nyaman. Mengompol pun menjadi reaksi yang umum diperlihatkan ketika anak-anak merasa khawatir atau takut. Jadi, andai si kecil telah lama tidak mengompol, dan lantas dia pulang melakukannya, kita perlu menggali penyebab tentu di baliknya. Mungkinkah dia stres sebab sekolah? Atau, terdapat hal beda di sekolah yang membuatnya tidak nyaman?

Sangat urgen untuk mengetahui hal-hal yang menciptakan si kecil merasa tidak nyaman dan cemas. Dengan begitu, kita pun dapat mencari penyelesaian tepat untuk menanggulangi kecemasannya. Sumber : www.pelajaran.co.id

Author: soo4r