208 Ribu Sekolah Terapkan Program PPK

208 Ribu Sekolah Terapkan Program PPK

208 Ribu Sekolah Terapkan Program PPK

208 Ribu Sekolah Terapkan Program PPK

208 Ribu Sekolah Terapkan Program PPK

Di­rektur Jende­ral Kebuday­aan Kemen­terian Pendi­dikan dan Kebudayaan

(Kemendik­bud), Hilmar Farid, men­gungkapkan, sekitar 208.000 seko­lah menerap­kan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Berdasarkan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 disebutkan bahwa PPK adalah gerakan pen­didikan untuk memperkuat ka­rakter peserta didik melalui olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga. Gerakan ini melibatkan kerja sama antara satuan pendi­dikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Na­sional Revolusi Mental (GNRM).

”PPK itu 2016 dimulai secara formal ketika keluar Permendik­bud awalnya 542 sekolah.

Kabu­paten, kota bersemangat, hampir berjalan sekarang di 208.000 se­kolah,” katanya.

Menurut Hilmar, peningkatan drastis ini merupakan hasil kerja sama pemerintah bersama dinas pendidikan di daerah. Capaian ini perlu ditingkatkan bersama-sama untuk mendukung GNRM. Hal itu diamanatkan Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016. PPK juga memerhatikan pada hal kecil yang tak diajarkan di kelas.

”Misalnya di sekolah ada rak sepatu, murid-muridnya nyusun sepatu dikasih nama. Ini yang namanya pendidikan karakter, nggak ada anggarannya ini. Jadi, jangan selalu melihat jumlah ang­garan, angka,” katanya.

Hilmar mencontohkan keterli­batan siswa untuk membersihkan sekolah dalam waktu tertentu

untuk meningkatkan kedisiplinan anak. ”Itu ada juga konser kara­witan muda, anak-anak sekolah juga dikenalkan seni tradisi kita. Program seperti ini bertebaran di Indonesia,” paparnya.

Hilmar menuturkan, PPK juga untuk mempersiapkan gene­rasi muda menghadapi Revo­lusi Industri 4.0. Indonesia di­harapkan ikut memimpin revo­lusi ini.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/ST22VHV